Mengikat Rambut Ternyata Ada Dampak Buruknya Loh, Kok Bisa?

Punya rambut panjang juga menjadi salah satu impian banyak wanita namun ada kalanya juga dengan rambut panjang dapat menganggu aktivitas jadi tanpa disadari menjadi kebiasaan untuk mengikat rambut agar merasa lebih baik ketika cuaca panas dan tidak begitu gerah.

Selain kondisi diatas mengikat rambut juga menjadi hobi tersendiri agar membuat penampilan lebih menarik lagi dan sudah terkenal sejak dulu kala, tetapi dibalik hal-hal menguntungkan dari sebuah mengikat rambut ternyata ada juga dampak buruknya bagi kesehatan loh! apa saja itu? langsung simak ulasan berikut ini ya.

1. Salah satu penyebab rambut cepat rontok

Tidak dipungkiri lagi dengan mengikat rambut dapat membuat semua lebih praktis lagi agar rambut tidak terlalu menganggu dan penampilan juga terlihat lebih baik di depan umum. Tetapi seiring ikat rambut yang terlalu kencang dan keseringan dapat membuat akar rambut menjadi lemah seiring waktu kemudian berujung terjadinya kerontokan, disarankan agar tidak terlalu lama mengikat rambut dan berikanlah waktu untuk rambut bisa terurai sejenak.

2. Rambut menjadi mudah patah

Selain membuat rambut rontok, mengikat rambut menyebabkan peredaran darah serta oksigen di kepala menjadi terhambat sehingga kesehatan rambut menjadi korbannya dimana sangat mudah rusak seperti patah atau terlihat rapuh bahkan bisa beresiko terjadinya kebotakan.

3. Penyebab utama sakit kepala

Terlalu lama mengikat rambut akan menjadi masalah untuk kesehatan kepala anda, dimana sirkulasi darah menjadi terhambat karena tertarik dengan kencang oleh alat ikat tersebut, akibatnya kepala menjadi pusing karena proses aliran darah tidak lancar seperti biasanya.

4. Mudah berketombe dan gatal-gatal

Rambut yang terikat akan membuat air menjadi sulit menguap akibatnya akan terasa gatal dan memicu pertumbuhan ketombe dirambut, sebaiknya tidak mengikat rambut terlalu sering dari sekarang dan berikan waktu lebih banyak untuk rambut beristirahat.

5. Bisa tumbuh jamur dan sarang bakteri

Tidak disarankan mengikat rambut jika masih dalam keadaan basah atau lembab dikarenakan beresiko pertumbuhan jamur atau bakteri penyebab infeksi yang sangat suka dengan kondisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *