Jalani Hidup Untukmu Bukan Orang Lain Agar Tidak Terasa Terbebani

Jangan Terlalu Terpaku Pada Masalah Tapi Pada Penyelesaian

Saat kita memiliki rencana kedepan dan kita memiliki suatu harapan yang besar akan rencana tersebut. Yang pasti kita ingin semua itu berjalan dengan baik. Semua itu berjalan sesuai dengan harapan kita. Tapi kita tetap tidak bisa mengendalikannya sepenuhnya. Kita tidak bisa memastikan bahwa tidak akan terjadi hal yang diluar ekspektasi. Dan ini umum terjadi. Semua orang pun akan mengalaminya. Semua orang akan ada saatnya untuk merasakan hal tersebut. Dari situ kita bisa belajar banyak hal. 

Jangan Terlalu Terpaku Pada Masalah Tapi Pada Penyelesaian

Kita bisa belajar bahwa tidak ada sesuatu yang bisa kita kontrol dan kita kendalikan sepenuhnya. Kita tidak bisa memaksakan kehendak kita. Kita hanya bisa menjalaninya. Kita hanya bisa melakukan sebaik mungkin yang kita bisa. Kita cukup merencanakannya, membuat rangkaian perencanaan mau sedetail apa pun. Silahkan, dan kita lakukan itu dengan maksimal. Selebihnya biar waktu dan alam semesta bekerja dengan cara mereka. Mau ada apa pun yang terjadi di luar dugaan, itu adalah seninya. Itu adalah tantangan, dan itu tidak bisa kita kendalikan. Tidak bisa kita halangi. Pasti akan terjadi. Jadi, jika kita tidak bisa menghalangi hal tersebut terjadi, setidaknya kita memiliki upaya dan kesempatan untuk memperbaikinya.

Baik itu memperbaiki, atau mengembangkan sesuatu yang terjadi di luar prediksi. Kita hanya bisa mempersiapkan diri kita untuk itu. Kita coba kembangkan usaha kita, upaya kita dengan cara yang lain. Jangan terpaku untuk mencegah, tapi mempersiapkan diri untuk menghadapi dan menjalani, menyelesaikan apa yang terjadi. Kadang kita ingin mencegah, tapi ada satu dan lain hal yang membuat itu lolos, dan itu membuat kita bertugas untuk mengobati. Dan itu kita harus jalani dan lewati. Jadi nikmati lah hal tersebut. Jangan terlalu merasa terbebani, jangan terlalu merasa itu adalah beban dan tanggungan. Tapi nikmati hal tersebut. Rasakan semua apa yang terjadi. Serap apa yang bisa diserap. Pelajari apa yang bisa dipelajari. Coba lihat sisi lainnya. Coba lihat sisi baiknya. Jangan terpaku pada sisi buruknya. Jangan terpaku pada masalahnya. Sehingga kita bisa menjalaninya dengan senang hati dan merasa ini bisa dilewati.