APAKAH BENAR JAMUR ENOKI ASAL KOREA TERKONTAMINASI BAKTERI LISTERIA

Apakah kalian sudah mendengar beberapa berita mengenai jamur enoki? Baru-baru ini di beberapa Negara sudah muncul wabah infeksi bakteri listeria yang terdapat pada jamur tersebut yang di produksi dari perusahaan di Korea Selatan. Namun kalian tidak perlu terlalu khawatir mengenai isu yang beredar sekarang ini.

Pemerintahan Indonesia melalui Kementrian Pertanian ini baru saja memberitahukan pemusnahan dan penarikan jamur enoki yang di produksi dari Korea Selatan. Pemusnahan dan Penarikan ini dilakukan karena ternyata jamur enoki yang di produksi telah dikontaminasi dengan bakteri listeria monocytogenes.

Jenis infeksi bakteri ini merupakan infeksi yang tergolong sangat berbahaya bagi ibu hamil, lanjut usia dan juga untuk orang yang sudah berumur 65 tahun dan juga pada orang yang memiliki sistem imun yang rendah juga tentunya sangat rentan terhadap infeksi ini. Munculnya informasi ini yang di lansir dari Kompas bahwa wabah ini bisa muncul ketika pasien yang mengkonsumsi jamur enoki yang berasal dari Korea Selatan. Setelah melakukan uji coba sampel, pihak meminta agar jamur enoki yang diimpor dari produksi Korea Selatan untuk tidak diedar lagi sampai investigasi ini selesai.

Setelah telah adanya temuan tersebut, Kementrian Pertanian yang melakukan importir di Indonesia akan ditarik kembali jamur enoki tersebut. Kementrian Pertanian jiga meminta semua petugas untuk mengawasi jamur enoki yang telah beredar di berbagai daerah, tidak hanya ini Badan Karantina kementan juga meminta agar dilakukan peningkatan dalam pengawasan lebih tegas terhadap keamanan jamur yang berasal dari Korea Selatan ini. Seluruh masyarakat juga diminta untuk lebih hati-hati dalam memilih beberapa bahan pangan yang akan dibeli, piliha beberapa bahan pangan yang berasal dari produk nomor PSAT atau juga bahan pangan yang segar berasal dari tumbuhan yang alami.

Infeksi ini sangat berakibat fatal apalagi pada golongan tertentu, gejala yang timbul juga tentunya berbeda-beda pada penderitanya bisa saja timbul dalam 1-4 minggi setelah kalian mengkonsumsi jamur yang sudah terkontaminasi dengan bakteri listeria. Namun ada juga gejala pada beberapa kasus menurut laporan yang muncul paling lambat yaitu 70 hari setelah mengkonsumsi jamur atau juga bisa muncul pada hari itu juga setelah mengkonsumsi jamur.

Jamur enoki yang di produksi dari perusahaan di Australia juga sudah terbukti telah terkontaminasi dengan bakteri listeria tersebut dan untungnya pemerintah sudah melakukan penarikan kembali jamur yang telah di produksi dan juga telah melakukan tindakan pemusnahan jamur enoki pada perusahaan.

Untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri listeria, disarankan untuk anda dan keluarga tetap harus senantiasa dalam menjaga kebersihan jika ingin mengkonsumsi berbagai jenis makanan apa pun itu dan juga mengetahui cara pengolahan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *